MARI BERSASTRA DAN BERKARYA

Di sini bukan arena pertarungan ala rimba, tapi coba setitik tinggal dilembah nurani sekedar menghisap tirta murni, sari pati puting ibu pertiwi dan cumbu illahi. Buat yang pernah berhenti dan mengajak menari, lalu dengan senyumnya yang tertinggal kembali melanjutkan perjalanannya tuk meraih sesuatu yang lebih berarti. Buat mereka semua yang mencoba jejakkan kakinya di tanah hati.

LENSA LAMPU

Ha,,,,ha,,,,….

Kali ini kita akan bahas sedikit tentang lensa yang biasa dipakai pada lampu-lampu pertunjukkan, tentunya kawan-kawan tidak bosan kan mengikuti perkembangan blog saya ini… . Pada beberapa jenis lampu terdapat sebuah lensa yang sengaja disertakan sebagai tambahan fitur -wah jadi kayak ponsel aja,,,,- . Diantara yang berbagai itu adalah lampu ellips, Fresnel dan lampu pebble convex. Lensa sendiri dipakai sebagai pembias atau pembelok cahaya sehingga hasil penyinaran sesuai dengan yang kita inginkan. Lensa bisa saja terbuat dari gelas kaca ataupun dari bahan plastic tentunya yang tahan panas.

Lensa yang pertama kita bahas ialah :

Lensa Planno :


Kelebihan lensa ini ialah membentuk lingkaran cahaya yang garis tepinya jelas kelihatan. Lensa ini biasanya terpasang pada lampu jenis Ellisiodal. Untuk lampu Ellipsiodal ada yang menggunakan satu lensa ada yang menggunakan double lensa. Ellipsiodal yang menggunakan satu lensa disebut Ellipsoidal Reflector Spotlight standart untuk yang memakai double lensa ada dua jenis yaitu yang bifocal dan zoom namun ketiganya tetap dalam jenis lampu Ellipsoidal Reflector Spotlight

Lah, selanjutnya ialah lensa Fresnel,,,

Lensa Fresnel :



Lensa Fresnel bentuk bagian luarnya bergerigi, dengan kelebihan cahaya yang dihasilkan ialah membentuk garis lingkar cahaya yang lebih tipis/lembut dari pada lensa Planno.

Dan akhirnya yang terakhir kali ini…

Lensa Pebble convex :



Lensa ini bentuknya unik,bagian luarnya mirip lensa Planno tapi bagian dalamnya mirip lensa Fresnel. Lalu bagaimana cahaya yang dihasilkan ? seperti bentuknya yang merupakan perpaduan lensa Planno dan Fresnel maka sinar cahaya yang dibiaskan oleh lensa ini menghasilkan cahaya yang kedudukannya diantara lensa Planno dan Fresnel.

No comments:

Post a Comment