MARI BERSASTRA DAN BERKARYA

Di sini bukan arena pertarungan ala rimba, tapi coba setitik tinggal dilembah nurani sekedar menghisap tirta murni, sari pati puting ibu pertiwi dan cumbu illahi. Buat yang pernah berhenti dan mengajak menari, lalu dengan senyumnya yang tertinggal kembali melanjutkan perjalanannya tuk meraih sesuatu yang lebih berarti. Buat mereka semua yang mencoba jejakkan kakinya di tanah hati.

LAMPU 2

-->
LAMPU 2
Masih ingat posting saya sebelumnya yang membahas jenis-jenis lampu pementasan..?kalo kawan-kawan lupa – lupa ingat (kaya lagunya kuburan aja) coba kawan rujuk kembali pada Spesifikasi lampu ,pada postingan tersebut membahas hanya beberapa saja dari beraneka jenis lampu yang dapat digunakan sebagai sumber pencahayaan sebuah pementasan. Lah,karena sangat sedikitnya yang mampu saya bahas diposting tersebut, banyak dari kawan-kawan inginkan beberapa jenis lagi yang dibahas, diantaranya lampu Elips, lampu scoop dan kalau bias lebih banyak lagi.
Senang rasanya kawan-kawan mau perduli sehingga masih mau memberikan masukan,saran dan kritik pada sebuah ruang berbagi saya ini. Saya mohon maaf sebelumnya jika sampai saat ini belum bisa menjadikan blog ini seperti kawan-kawan inginkan. Namun kawan semua jangan khawatir seiring waktu akan semakin banyak lagi beberapa hal yang dapat saya bagi disini tentunya tetap berkutat dijalur SASTRA DAN TEATER he…..he…he…
Baiklah tanpa banyak bacot lagi,kali ini saya akan membahas tentang lampu Elips.
Ellipsoidal Spot: Ellipsoidal Spot adalah sebuah lampu spot yang memiliki reflector ellipsoidal,saya harap kawan tidak bertanya apa itu reflector..he,,he…(karena saya pasti bingung jawabnya) tapi semua akan jelas ketika kawan-kawan lihat gambar dibawah ini :

REFLEKTOR
Spesialnya lampu ini adalah sistemnya yang menggunakan lensa plano,wah..wah istilah apalagi ni….jangan bingung kawan,lihat kiriman saya tentang lensa aja pasti semua terjawab….tapi yang pasti kelebihan lensa plano ialah kemampuannya menghasilkan lingkar cahaya dengan garis tepi yang tipis. Jadi lampu ellips mampu menciptakan bentuk cahaya dengan garis tepi yang tipis jika dalam keadaan focus namun bisa juga dibuat kabur bila sengaja tidak difokuskan tapi tidak bisa dibuat selembut lampu fresnell. Selain kelebihan pada lensanya,lampu ellips dibekali shutter yang bisa mengatur cahaya dan membentuknya sesuai keinginan kita dan juga terdapat iris dan didepannya  terdapat ruang untuk menempatkan gobo. Gobo ialah plat metal yang motifnya dapat kita buat sendiri yang nantinya motif tersebut dapat diproyeksikan oleh lampu ellips.
Ellipsiodal Reflector Spotlight

Begitulah kawan,pengetahuan saya tentang lampu ellips,saya harap kawan-kawan dapat memahami apa yang saya tawarkan…he..he… .

No comments:

Post a Comment