MARI BERSASTRA DAN BERKARYA

Di sini bukan arena pertarungan ala rimba, tapi coba setitik tinggal dilembah nurani sekedar menghisap tirta murni, sari pati puting ibu pertiwi dan cumbu illahi. Buat yang pernah berhenti dan mengajak menari, lalu dengan senyumnya yang tertinggal kembali melanjutkan perjalanannya tuk meraih sesuatu yang lebih berarti. Buat mereka semua yang mencoba jejakkan kakinya di tanah hati.

Management Produksi




Management etimologi  :
Prancis kuno “ménagement” = Seni melaksanakan dan mengatur.
Itali Italia “maneggiare” = mengendalikan
Management dalam istilah = sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya yang ada untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien.
Dalam sebuah kerja kreatif di dunia kesenian dan teater khususnya pengetahuan tentang management merupakan sebuah hal yang bisa dianggap wajib disamping pengetahuan tentang hal-hal yang berkaitan dengan kesenian teater yang lain. Karena dengan kemampuan management yang baik sebuah organisasi kesenian teater dapat berkembang dengan baik.
Adapun pengertian management Produksi dalam teater ialah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan untuk menghasilkan sebuah produk kesenian yang sesuai dengan apa yang di inginkan atau di rencanakan.

Proses produksi kesenian teater

  • Perencanaan

Bertujuan untuk persiapan yang sistematis dalam membuat sebuah produksi kesenian

  1. Apa yang akan di produksi
  2. Kualitas/manfaat sebuah produk kesenian
  3. Jumlah produk yang dihasilkan
  4. Sumber produksi
  • Pengorganisasian: Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh,sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif,dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efesien guna pencapaian tujuan organisasi.

  • Pengarahan: Proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.

  • Pengendalian: Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan,diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan yang dihadapi.

No comments:

Post a Comment